Translate Language

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 22 Januari 2017

menjadi anggota profesi bidan

Profesi oh profesi......

Aku adalah seorang Bidan Yang bekerja di RS Swasta...dan sebagai karyawan kewajibanku harus punya STR,SIK  kalo gakpunya.....walah bisa di depak secara perlahan....sebenarnya punya sih...trus masalahnya sekarang .... masa berlaku STR kan Cuma 5 tahun....catet.....5 tahun, setelah itu kudu di perpanjang....nah lho...gimana caranya???? simak yuks ( ini buattemen2bidan senasib)
sebagai bidan yang telah lulus pendidikan wajib ikut wadah profesi yaitu IBI, kemudian wajib BAYAR hahahhaaa, coba tanya sana , tanya sini  dan akhirnya.....daftar IBI ( sesuai Wilayah) disini penuh perjuangan kenapa? karena kita harus daftarsesuai wilayah kita domisili....cari pengurus cabang, nanti setelah tau pengurus cabang , mereka akan infokan (Ibu pengurus IBI cabang) ada ranting yang  di sarankan masuk ranting tersebut.... memang sih kita yang perlu mereka.....cuma kadang dan kebanyakan pada juteks....perlu ekstra kesabaran...setelah dapet siapa petugas nya langsung daftar...dan ,,,eng...ing...eng....banyak kewajiban yang harus di penuhi, diantaranya: isi formulir( bisa kok di download sendiri), lampirkan foto dengan seragam IBI  ukurannya 4x6(pasfoto) bayar iuran anggota sesuai dengan masa lulus nya (hahahhahahahahahaha) saya lulus tahun 2005 kalo baru daftar sekarang ...bisa kebayang dong berapa banyak rupiah yang harus ku keluarkan ...pasti pada tanya biaya nya berapa.....Di BUKU AD/ART IBI masa bakti 2008-2013 pada pasal 21 :
  1. Uang pangkal sebesar 25.000 tiap anggota
  2. Iuran bulanan anggota sebesar5000 tiap anggota perbulan
  3. Iuran ICM Rp 2000 tiap anggota perbulan 
coba di hitung sendiri ya....( senyum dong jangan manyun) after that....what more...buat perpanjang STR  pun juga harus Ngumpulin SKP kabarnya 25 SKP( satuan Kredit Profesi)..bisa di dapat dari menghadiri seminar atau pelatuhan yang di adakan oleh rekan 2 IBI ( maksudnya ada SKP IBI) dan yang terbaru tuh kalo gak salahhhh harus ikut MU( Midwifery Update yang di selenggarakan oleh IBI biaya nya sekitar Rp 1750 s/d 3 jt an silahkan pilih sendiri

Cuma sekedar Info...buat temen temen yang mau buat BIDAN Praktek Mandiri... syaratnya mereka harus masuk BidanDelima danUrus SIPB....
saran saya masuk anggota IBI yadari awal...banyak manfaatnya banyak info biarselalu update...
Hemm Informasi nya segitu dulu ya.... sruput Kopi dulu ahhhhh

11 komentar:

  1. Ka, saya baru lulus,saat ini domisili di ciamis, tapi rencana mau ngelamar kerja di luar kota ciamis, itu gimna ka, apakah saya harus daftar ibi di ciamis, atau di tempat saya kerja nanti ? Mohon sarannya ka😊

    BalasHapus
  2. Kalau baru lulus dan baru rencana kerja diluar ciamis, kerja aja dulu..setelah itu baru neng daftar anggota ibi( wajib lho) sesuai domisili neng ditempat kerja, patuhi sgala peraturan keanggotaan sesuai AD/ART dan kebijakan ibi setempat, insya Allah semuanya akan lancar.. wassalam.

    BalasHapus
  3. Bayar iurannya apakah memang seperti itu,dihitung dari tahun kelulusan??

    BalasHapus
  4. saya daftar ibi biaya 650rb
    itu hanya untuk daftar saja,belum sragam dll

    BalasHapus
  5. Minta sarannya doang ka,untuk bidan lulusan 2010 dg SIB ex 2016 n tidak bekerja mau buat STR untuk kerja lagi itu syaratnya apa aja yah

    BalasHapus
  6. Saya daftar anggota IBI bayarnya 500.000 blm termsk sergm dll
    Emang segitu ya biayanya

    BalasHapus
  7. beibh... ikut MU hrus ssuai domisili k anggotaan IBI ap bebas luar kota?

    BalasHapus
  8. Mbak saya kerja di rs swasta sya sdh punya sipb d rmh skit tapi saya mw pindah kerja...seandainya saya ngurus anggota ibi baru ditempat yang baru bisa gak mbak?

    BalasHapus
  9. Mbak saya baru lulus dan belum ada STR. Karena UKOM dibulan Februari nanti.
    Apakah saya bisa menjadi anggota IBI kalau saya belum memiliki STR?
    Mohon informasi nya. Terima kasih.

    BalasHapus
  10. Kak kalo daftar ibi harus kerja kah? Kebtulan sya ingin perpanjang str trus hrus dftr ibi

    BalasHapus